28 Juli 2017, PT KAI Bakal Uji Coba KRL Bekasi-Cikarang

Jakarta – PT Api Indonesia (KAI) menyatakan akan melakukan uji coba penambahan rel listrik () sampai Cikarang mulai 28 Juli 2017 mendatang. Sebelumnya, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berupaya untuk mempercepat sarana dan prasarana kereta api dari hingga Stasiun Cikarang.

“Ini terobosan terbaik untuk membantu mobilitas masyarakat,” ujar Direktur Pengelolaan Prasarana , Bambang Eko Martono di Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/7), seperti dilansir Tempo.

Karena perkembangan alat umum sudah semakin maju, PT KAI juga berupaya untuk memperluas jaringannya agar dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Sebagai langkah pertama, KAI akan membangun dari terdekat seperti Stasiun Bekasi-Stasiun Cikarang, kemudian akan diperluas hingga Karawang, Cikampek, dan daerah lainnya.

Lebih lanjut Bambang mengaku jika pihak manajemen KAI telah meninjau lokasi uji coba KRL Bekasi Cikarang. Menurutnya persiapan yang wajib diperhatikan adalah akses lintasan rel, stasiun, dan pendukung yang lain. “Selain itu kami juga melakukan pengecekan awal berupa rangkaian atau jaringan listrik dan beberapa hal penting lain,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu mengungkapkan jika target kelengkapan kereta pada jalur tersebut sepenuhnya rampung tahun 2019 mendatang. “Kalau bicara selesai fully (seluruhnya) targetnya 2019. Hanya kalau kapan mulai beroperasi (KRL sampai Stasiun Cikarang) bisa tahun ini tergantung kesiapan nanti, juga tergantung dari PT KAI sendiri. Kan jalur KRL bisa tetap dipakai meski masih ada proses pembangunan (stasiun),” ungkap Joice.

Lintasan commuter line dari Bekasi sampai Cikarang tersebut nantinya akan melalui 5 stasiun, yaitu Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, Stasiun Telaga Murni, dan Stasiun Cikarang. Terpisah, Vice President (VP) Communication PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunnisa mengatakan jika KCJ baru dapat mengoperasikan KRL bila sarana dan prasarana sudah siap.

“Kalau dari kita kan menyiapkan dari sisi operasional seperti menyiapkan petugas pelayanan, vending machine, ticketing, dan sebagainya. Pada dasarnya kita siap begitu sudah ada penugasan. Kalau memang akhir tahun sudah siap fasilitasnya, bisa operasi ke Cikarang,” tandas Eva.

Link : http://kereta-api.info/28-juli-2017-pt-kai-bakal-uji-coba-krl-bekasi-cikarang-7256.htm